Sabtu, 03 November 2012

RPP IPA (PKM)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 
A. IDENTITAS MATA PELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN                    : SD IT PERSIS

KELAS /SEMESTER                          : 3 (Tiga)/2 (Dua)

MATA PELAJARAN                         : IPA

WAKTU                                            : 2 X PERTEMUAN

 
B. STANDAR KOMPETENSI

IPA                  : 3. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam.

 
C. KOMPETENSI DASAR

IPA                 : 6.1 Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan

 
D.  INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

IPA                  : Mengidentifikasi model tiruan bumi (globe) bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air.

 
E. TUJUAN PEMBELAJARAN

IPA                  : Melalui demontrasi peserta didik mampu menyebutkan bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air

 
F. MATERI  AJAR

IPA

 
Ø  Daratan

Ø  Perairan

 

 
 
 
             Dengan mengidentifikasi model tiruan bumi (globe) dapat kita ketahui bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air. Bentuk permukaan bumi itu tidak merata. Ada dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan. Hal itu menunjukkan bahwa bentuk permukaan bumi dinamakan relief bumi. Permukaan bumi dibedakan atas daratan dan perairan. Wilayah perairan lebih luas dibandingkan wilayah daratan. Sebagian besar permukaan bumi ditutupi oleh air.

            Menurut para ahli, 1/3 dari luas permukaan bumi merupakan daratan, sedangkan sisanya, yaitu 2/3 dari luas permukaan bumi merupakan wilayah perairan. Jumlah air yang terbanyak adalah di lautan. Itulah sebabnya bumi tampak berwarna biru jika dilihat dari luar angkasa.

 

 

                                             Penampakan permukaan bumi dilihat dari angkasa

 

G.  ALOKASI WAKTU

2 X 35 Menit

H.         METODE PEMBELAJARAN

1.      Demontrasi

2.      Pemberian tugas

 

I. KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.   Pendahuluan

F Mengkondisikan peserta didik dalam suasana yang kondusif

F Mengajukan beberapa pertanyaan yang ada kaitanya dengan permukaan bumi yang terdiri atas air.

F Menyampaikan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan Inti

IPA

§ Eksplorasi

§   Melibatkan peserta didik untuk mencari informasi seluas-luasnya tentang permukaan bumi yang terdiri atas air.

§   Menggunakan media pembelajaran berupa model tiruan bumi (globe) dan gambar kenampakkan bumi dilihat dari luar angkasa.

§ Elaborasi

§  Memfasilitasi peserta didik untuk menuliskan berbagai informasi tentang permukaan bumi yang terdiri atas air.

§  Peserta didik memaparkan tentang tentang permukaan bumi yang terdiri atas air.

§  Konfirmasi

§  Memberikan umpan balik dan penguatan.

§  Memberikan penghargaan bagi peserta didik yang memaparkan tentang permukaan bumi yang terdiri atas air.

 
C. Penutup

§  Bersama-sama peserta didik membuat simpulan

§  Melakukan penilaian

J. PENILAIAN HASIL BELAJAR

1. Prosedur Penilaian            :

Ø  Penilaian akhir proses

2. Jenis Penilaian                   :

Ø  Lisan, tulis.

3. Alat tes                               :

Ø  Isian

 

No
Butir soal/ Instrumen
Skor
1.
Bentuk permukaan bumi terdiri atas ....
10
2.
Warna hijau pada globe menunjukkan ….
10
3.
Warna biru pada globe menunjukkan …
10
4.
Globe adalah tiruan ….
10
5.
Menurut para ahli luas daratan adalah ….
10
6.
Menurut para ahli luas perairan adalah ….
10
7.
Luas perairan lebih luas dibandingkan ….
10
8.
Apabila dilihat dari luar angkasa bumi berwarna ….
10
9.
Bentuk permukaan bumi dinamakan ….
10
10.
Salah satu cara mengetahui bahawa permukaan bumi lebih luas dari perairan adalah dengan mengamati model .
10

 

Skor Penilaian =         Perolehan skor  X 100               = Nilai

                                                     10

 
4. Kunci Jawaban                 :

No
Kunci jawaban
1.
Daratan dan lautan
2.
Daratan
3.
Lautan
4.
Bumi
5.
1/3
6.
2/3
7.
daratan
8.
biru
9.
Relief bumi
10.
Tiruan bumi (Globe)

 
5. Teknik                                 :

Ø  Tes

 
K. SUMBER BELAJAR

a. Sumber Belajar :

1.    Buku IPA

Ø  Mulyati Arifin, Mimin Nurjhani K., dan Muslim. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkunganku. 2008. Jakarta. Buku Sekolah Elektronik.

Ø  Priyono, Titik Sayekti. Ilmu Pengetahuan Alam. 2008.Jakarta. Buku Sekolah Elektronik.

2.   LKS IPA
  
Ø  Fitri Nasibah Umaroh, S.Si. Jenius Ilmu Pengetahuan Alam. 2006. Bandung. Mutiara Ilmu.

3.   Media Elektronik

Ø  Google

 
 
 
Mengetahui
Supervisor 2
(Nani Rohaeni, S.Pd.I )
NIP. 19561211 198109 2 001
Ciganitri, 03 Mei 2012
 
 
Mahasiswa
( Yosep Agustina )
NIM. 821686448

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar